Surat Buncit Detik.com

Surat dari Buncit

Selamat kepada Pemenang ACI!

Indri - Surat Dari Buncit
Kamis, 11/11/2010 19:50 WIB
Selamat kepada Pemenang ACI! FOTO:
Jakarta - Selamat kepada Tim Kep. Bangka Belitung - Sumatera Selatan! Tim yang terdiri dari Rainer Oktovianus dan Lucia Nancy berhasil memenangkan hadiah utama program Aku Cinta Indonesia berupa uang tunai sebesar Rp 100 juta.

Pemenang ACI diumumkan dalam acara penutupan ACI di kafe Sunnyvale, Gedung Aldevco Octagon, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2010). Hadiah Rp 100 juta diserahkan secara simbolis oleh Pemimpin Redaksi detikcom Budiono Darsono kepada Rainer. Dalam pengumuman ini, Lucia tidak bisa hadir, karena menjadi relawan Gunung Merapi.

Acara pengumuman pemenang ini dihadiri oleh para pimpinan perusahaan yang menjadi sponsor dan pendukung acara ini: XL, Sinar Mas, Garuda Indonesia, Nexian, Optic Seis, Consina, Swiss-Belhotel International, Asuransi ACA, Prodia, gantibaju.com, Flip, dan penerbit Bentang.  Acara juga dihadiri oleh para petualang ACI yang tampak semangat setelah berpetualang ke pelosok Indonesia. Acara berlangsung meriah dan seru!

Program Aku Cinta Indonesia (ACI) adalah program yang diselenggarakan oleh detikcom sebagai wujud persembahan kepada masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai Indonesia. Selama kurun waktu 14 - 21 hari, 66 petualang mengeksplorasi ragamnya budaya, sejarah dan pesona keindahan alam Indonesia. Hal itu dilakukan dengan rasa nasionalisme dan komitmen tinggi untuk menyebarkan semangat Aku Cinta Indonesia.

14 Hari perjalanan yang ditempuh menyusuri pantai-pantai indah di Kep. Bangka Belitung serta sampai dengan perjalanan kuliner di Sumatera Selatan, telah membuahkan hasil bagi Better dan Ucy, begitu sapaan mereka. Jurnal perjalanan petualangan berupa artikel dan foto berhasil membawa Tim Kep. BaBel-SumSel ini sebagai pemenang hadiah utama.

Salah satu poin penilaian untuk tim terbaik adalah dari segi penilaian artikel dan foto. "Ada 6 variabel dalam penilaian sebuah artikel yang baik, yaitu seberapa banyak variasi sudut pandang cerita, kesesuaian judul dengan isi artikel, kelengkapan data informasi, standar penulisan 5W 1 H, struktur rangkaian cerita, serta gaya bahasa," tutur Wakil Pemimpin Redaksi Detikcom, Arifin Asydhad.

"Tim BaBel SumSel ini saya lihat memiliki banyak variasi dalam sudut pandang cerita dan mempunyai gaya bahasa yang menarik dan enak dibaca", ungkapnya.

Dari keseluruhan hasil penilaian, ke-33 tim ACI memiliki penulisan cerita perjalanan dan hasil foto yang informatif. Hal tersebut juga dibuktikan pada hasil akhir penilaian dengan perbedaan angka yang tipis antara satu tim dengan tim lainnya.

Selain pemenang utama, panitia juga telah membuat sejumlah kategori lain, yaitu Tim Terhemat, Tim Terheboh, Tim Terpopuler, Tim Paling Rajin, dan Tim Terkompak.

Berikut rinciannya:
Tim Terhemat: Sukma Kurniawan dan Ayos Purwoaji (Papua II)
Tim Terheboh: Sayyed Fahrul Pratama dan Cut Rindayu (Kaltim I)
Tim Terpopuler: Harley Bayu Sastha dan Erwin Yogaswara (Papua III)
Tim Paling Rajin: Agus Lahinta dan Tuti Widiastuti (NTT II)
Tim Terkompak: Sendia Berka dan M Yusuf Simatupang (Kalteng-Kalsel)

Terimakasih, kepada 66 petualang ACI yang telah berbagi kisah betapa luar biasa indahnya Indonesia dan ramah tamahnya masyarakat Indonesia.
Terimakasih, Atas komitmen yang tinggi berbagi cerita kepada masyarakat.
Terimakasih, telah menularkan semangat Aku Cinta Indonesia.

Sampai jumpa pada program Aku Cinta Indonesia berikutnya!


Salam ACI
(asy/asy)

Share:

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

SuratLainnya Index »